At the beginning of my career, I had some kind of ‘belief’ that UX Designers are built to fight. A belief that this world is cruel, and I have the responsibility to be the savior of users lives by fighting against evil stakeholders.

This mindset is not entirely wrong, but the more I learn, the more I realize how absurd it is. If you find yourself constantly fighting against many people at work, maybe this ‘letter’ is for you.

We may not be as significant as we think

I once read someone’s tweet saying that we often unconsciously feel that we are significant to the world. From my perspective…


Dibalik gemerlap dunia ‘yuai-yueks’ yang sekarang lagi hip banget dimana-mana, tentunya banyak juga kejadian yang bikin mentok, mumet, dan capek. Sama kaya bidang-bidang lainnya. Disini gue mau berbagi sedikit penderitaan yang gak ‘yueks-yueks-amat’, tapi lumayan penting.

Bab 1: Latar Belakang Masalah

Pada suatu hari lo lagi ngedesain, tiba-tiba ada perubahan brief. Stakeholder A yang tadinya pengen achieve goal X — dan udah hampir selesai riset dan desain dan testingnya — tiba-tiba dapet wangsit abis mandi air panas, bikin lo dan tim lo harus nambah scope Y & Z. Gak cuma itu, meskipun scopenya nambah, deadline yang diminta tetep nggak mundur. …


Sebuah percobaan mengupas tuntas misteri abad 21 lewat sudut pandang UX.

Beberapa minggu terakhir gue eksperimen buat mengatasi ngantuknya gue selama perjalanan pulang kantor. Jarak dari Kemang-Depok ditambah macetnya Jakarta udah lebih dari cukup buat bikin badan pegel-pegel dan, tentunya, ngantuk.

Nah, untuk menyiasati ke-ngantuk-an tersebut, gue membiasakan buat mikirin apa aja yang gue liat di jalan. Mulai dari aspal sampe awan. Simply biar otak gue gak bengong atau mikir hal jorok aja gitu (WC jongkok misalnya), jadinya nggak ngantuk karena otak gue kepaksa mikir terus.

But still, biasanya apa yang gue pikirin selalu receh dan nggak penting. Sampe suatu…


Dulu, hampir sudah setahun lalu, gue ingat sedang mewawancarai para calon anggota BEM di departemen gue, Komunikasi dan Informasi. Pada tahun ini, gue diamanahkan untuk menjadi kepala departemen Kominfo. Berbekal misi dan tujuan ini-itu, gue sebisa mungkin selektif saat mewawancarai para calon anggota gue.

Kalian yang berumur sekitar SMA sampai kuliah pasti tahu betul rasanya wawancara, dan gue yakin hampir 80% di setiap wawancara, ada pertanyaan klasik seperti ini:

"Coba sebutkan kelebihan dan kekurangan kamu"

Klasik. Tapi tetep aja gue selalu butuh waktu lama untuk menjawab.

Ditanya kelebihan, lama jawab. Bukan karena kebanyakan dan takut sombong, bukan. Tapi karena gue…


Serius, lo harus coba.

Sebagai pembuka, ada baiknya jika gue mendeklarasikan diri sebagai orang yang sangat iri dan agak alergi sama manusia-manusia yang hidupnya terlihat sangat bermanfaat luar-dalam. Lo pasti ngerti maksud gue: mereka yang setiap hari kerjaannya membantu orang lain, menyelesaikan tugas tepat waktu, nilainya selalu A, atau bahkan mempelajari sebuah subjek pelajaran sebelum dosen ngajarin hal itu di kelas. Ew.

“Eh, bro, main yuk? Gue mau ke warnet yang baru buka tuh kayanya PC nya enak buat dota-an” ajak gue ke salah satu temen.

“Aduh maaf deh gue skip dulu hari ini van” jawabnya.

“Lah kenapa?”

“Gue mau…


Dulu, ketika gue pertama kali masuk kampus, pertanyaan yang paling sulit gue jawab adalah gue kuliah dimana,

“Van, lo kuliah di mana?”

“IPB”

“ITB?”

“iiii PE be”

“ooooh, IPB. Bandung ya itu? ngekos?”

..dan jurusan apa.

“Lo jurusan apa di IPB?”

“Ilmu Komputer gue”

“Lah emang ada komputer di IPB?”

Terlebih lagi, jujur gue sangat sangat benci manusia yang nanya silabus perkuliahan gue dari tingkat satu sampe tingkat akhir cuma untuk basa-basi dan kemudian bilang kalo setelah lulus gue akan jadi Hacker kayak di film-film. …

Vandi

Users, Interfaces, and everything in between. UX Designer based in Jakarta, ID.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store